Selasa, 26 April 2011

Info Nutrisi

Tulisan ini saya dapat dari e-mail seorang teman pada waktu mengikuti persekutuan doa kaum wanita WBI di GBI Filadelphia Surabaya sekitar bulan Oktober 2010, begini sharingnya ...pembicaranya namanya Bpk. Yohanes (lupa panjanganya siapa, masih muda sekitar 35-38 tahun an lah), dia personal trainernya artis2 seperti Choky Sitohang, Dewi Sandra, dll.
Dia membahas mengenai nutrition, dan gua pikir bagus sekali makanya gua share disini, orang ini sekolah lho dan dapet sertifikasi. Kurang lebih gini yang dia bilang :
Wanita itu wajib sehat, cantik dan seksi, ini bukan urusan duniawi, bahkan ini rohani sekali, karena TUhan ingin kita menjaga tubuh kita. Dia sudah membayar hidup kita dengan sangat mahal, maka dari itu kita harus menjaga tubuh kita ini dengan sebaik2nya dan itu menyenangkan hati Tuhan.
Ibaratnya kita mengendarai sebuah mobil dan kita tahu tujuannya yaitu menuju rencana TUhan masing2 buat hidup kita, tapi ditengah jalan langkah kita terhenti karena ban mobil pecah atau mesin rusak, sehingga rencana Tuhan tidak bisa tergenapi.
Dalam tubuh kita ada 5 tangki yang harus diisi setiap harinya yaitu:
1.        Tangki karbohidrat
2.       Tangki lemak
3.       Tangki vitamin
4.       Tangki mineral
5.       Tangki protein
Ad 1:  karbohidrat adalah sumber tenaga utama, kurang karbihidrat efeknya dalah terganggunya menstruasi pada wanita. Diet bukan tidak makan, tapi makan dengan porsi yang seimbang, nasi itu perlu, sangat perlu malah, tidak boleh tidak makan nasi (atau roti/mie/sejenis lah).
Berapa banyak makan nasi yang seharusnya? Cerita bangsa Israel di padang gurun : Tuhan membrikan Manna, setiap harinya secukupnya, hanya segomer banyaknya, besoknya busuk.
Hasil penelitian: segomer adalah kurang lebih 1 piring setengah, jadi makan nasi kudu 1 piring setengah aja sehari, bagi2 sendiri deh…mau pagi siang sore, atau siang banyak, pagi n malem dikit…hehehe…. Yang penting 1 hari 3x kudu makan nasi/karbo.
Es campur, es the, coke, es kacang hijau, dan sejenisnya adalah karbo, bukan minuman. Jadi kalo udah makan nasi/mie, jangan minum yang diatas, pilih jus buah, air jeruk atau air putih aja. Gula pasirnya bisa hilang lewat olah raga.
Ad2: lemak adalah penyumbang tenaga, jika tenaga utama kurang, jadi kalo karbohidrat ga ada, tetep tubuh lapar karena lemak ini tidak dipake, kecuali karbo sudah dipake duluan. Vitamin A,D,E,K hanya bias diserap tubuh dengan pelarut lemak, jadi lemak itu penting. Seseorang yang sudah jalan2 selama 3 jam harus mengkomsumsi makanan berlemak untuk mengoptimalkan kerja tubuh. Kalo udah cape ga makan lemak, efeknya kulit akan jelek, keriput, flek dll. (note: lemak dalam porsi dan jenis yang baik)
Ad 3 : vitamin alami biasanya dalam bentuk buah, fungsinya adalah menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh, kurang vitamin menyebabkan tubuh rentan penyakit.
Contoh salah 1 buah adalah tomat:
Tomat mentah, dijus à peghasil vitamin A (baik untuk anak2)
Tomat digoreng/direbus à vit A hilang tapi muncul zat Lycopene, yaitu zat yang dapat mencegah kanker payudara (pada wanita) dan kanker prostat (pada pria), cara mengkonsumsi: 1 minggu 3 kali, digoreng di teflon tanpa minyak sampe kulitnya mengkerut, dimakan begitu saja.
WAKTU MENGKONSUMSI BUAH2AN PALING BAIK ADALAH SEBELUM MAKAN karena enzim yang ada dalam buah2an itu memblok penguraian gula dalam makanan yang dimakan, sehingga mencegah diabetes. (baru tau gua juga, gua piker makan buah itu setelah makan, katanya buat pencuci mulut, ternyata salah)
Ad 4:  mineral didapat dari sayur2an, mencegah osteoporosis sehingga tidak bungkuk tulang kita. Setiap makan siang wajib makan sayur2an, kenapa? Karena pada siang hari kita beraktifitas, ketemu dengan udara/alam yang jahat, polusi, radikal bebas. Sayur yang masuk ke dalam tubuh berfungsi menyaring semua itu karena sayur mengandung klorofil, penghasil O2 di dalam tubuh. Sayur2an berwarna kuning seperti jagung atau labu baik buat mencegah kanker usus dan baik untuk anak2. Utnu umur 40 tahun keatas disarankan mengkonsumsi sayur2an berwarna putih karena menyeimbangkan hormonal tubuh.
Ad 5 : protein, berhubungan erat dengan rambut, kuku dan mood. Kalo tanpa ada sebab yang jelas, mood menjadi bête, ingat2 makan apa, apakah kekurangan protein? Kekurangan protein mengakibatkan rambut rontok, kuku patah, payudara turun.  Contoh sumber protei yang baik : tempe, dimakan 1 minggu 2 x membuat hormone stabil àmood stabil
Tangki dalam tubuh kita harus diisi dengan seimbang supaya hormone seimbang juga. Percuma langsing kalo rambut rontok, atau langsing tapi lemot dan pikun, atau langsing tp dadanya kempes/turun (ini kata dia lho ya, gua cuman nyontek doang hehehe)

Ok, sekarang tentang makanan:
Konsumsi telur setiap PAGI akan menghindari kita dari penyakit PIKUN….karena telur mengandung kolin, yang penuh dengan omega 3 dan DHA. Telur yang nonggeng ke bawah umurnya 2 minggu, yang ngambang umurnya 1 bulan 2 minggh (jangan beli lagi telur yang gini). Anak2 yang makan telur di pagi hari  daya ingatnya kuat.



FISH BERBEDA DENGAN SEA FOOD…….
Fish = ikan
Seafood = binatang laut
Dalam Firman Tuhan, digambarkan beberapa kali Yesus itu suka sekali makan ikan, memebri makan 5000 orang juga dengan ikan, so..ikan itu sehat sekali dan aman dikonsumsi.
Berbeda dengan seafood….
Kerangà makanan yang dilarang!! Karena kernag berfungsi sebagai vacuum cleaner nya laut, semua logam diserap kerang, karena itu berbahaya sekali.
Cumià dihindari
Kepiting à sekali2
Udang à boleh tapi bagian kepala jangan
Salah 1 ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan teri….. 1 ikan teri setara dengan 1 dus susu anlene…wow….(asli ga suka makan teri….tp sekarang maul ah, demi anak2 hehehe)
LAUK PAUK
Daging ayam à ayam kampong atau broiler sama aja, gpp dikonsumsi
Daging bebek à bias menguatkan akar rambut tapi kulitnya jangan dimakan (bisa asam urat)
Daging sapi à dagingnya oke, lemaknya jangan, malam hari TIDAK BOLEH daging sapi
Daging babi à ini vacuum cleanernya darat, sebaiknya jangan.
Fast food TIDAK SAMA dengan junk food
Fast food adalah makanan yang dihasilkan dari pengorengan singkat yang dicelupkan, sehingga boleh dimakan tapi tidak terlalu banyak dan harus habis saat itu juga (jangan dibawa pulang). Sedangkan junk food adalah makanan/minuman yang menyerupai makanan, misal : permen rasa stroberry (ga ada stroberry nya), fanta rasa leci (ga ada lecinya)…zat2 warna, pemanis, dan perasa didalamnya sangat berbahaya…
Daripada permen mendingan kismis 3 biji aja, diemut di mulut…seharian mulutnya gaakan ga enak atau bau.
Coklat à sebaiknya dark coklat 72% minimal
Kopi à wanita tidak boleh minum kopi. Sebenarnya untuk menghilangkan kecanduan minum kopi, missal kalo ga minum jadi sakit kepala dll, hanya dibutuhkan 1/8 dari porsi kopi tersebut, sisanya buang aja. Masih mendingan minuman coklat
Killer food: mentega dan gula. Tapi gula bisa hilang dengan olahraga.
Teh à tidak boleh diseduh dengan air mendidih karena mengakibatkan zat pengawet/ pewarna pada teh  keluar, mengakibatkan osteoporosis dan menopose dini.  Air dari dispenser, diamkan sebentar, masukan tehnya, celup jangan kurang dari 3 menit tapi ga boleh lbh dari 10 menit.
Black tea bagus untuk jantung. The hijau adalah antioksidan, bukan pelangsing.

Buat kecantikan juga dibahas sedikit :
Buat menghilangkan flek2 di wajah :
4 bh stroberry + yoghurt, tumplekin ke muka, 10 menit cuci
Buat mengencangkan wajah :
Bayem ditumbuk, dimasker ke muka, akan kenceng deh…
Menghilangkan kerutan :
Tomat didinginkan (di es in), di jus, trus dimasker…kerutan akan hilang.



Ya gituuu deh yang bisa di catet…semoga berguna yah… 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar