Senin, 29 Oktober 2012

Bongkar persepsi yang salah

Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata:"Tuan,aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam.
(Matius 25:24)

Hamba yang menerima satu talenta ini TAHU. Ia mempunyai suatu persepsi tentang tuannya yang kejam. Sekalipun jelas tuannya tidak seperti itu (ia memberikan 1 talenta = sedikitnya 30 kg,dan paling tidak perak,suatu jumlah yang cukup untuk memulai banyak bisnis),namun seolah-olah tuan itu tidak mengoreksinya dan justru mengiyakan.

Melalui perumpamaan ini,Tuhan mengungkapkan bahwa pada titik tertentu masukan-masukan dalam hidup kita akan menghasilkan suatu persepsi tertentu tentang Tuhan, sesama, dan situasi-situasi. Juga menghasilkan ukuran-ukuran dan penghakiman-penghakiman.

Selanjutnya, Tuhan akan menghakimi siapapun sesuai dengan perkataan-perkataan,ukuran-ukuran,dan penghakiman seseorang sesuai dengan hasil persepsinya. Manusia akan makan dari hasil persepsinya. Sebab itu kenali Tuhan dengan benar, secara pribadi,bukan dengan konsep-konsep dan persepsi-persepsi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar