Kamis, 19 September 2013

GARAM & TERANG DUNIA

 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.”
(Matius 5:13-14)


Pada umumnya manusia lbh suka menuntut hak drpd melakukan kewajiban, termasuk juga org percaya, lbh suka mengklaim & menuntut haknya kpd TUHAN, tapi seringkali melupakan kewajibannya sebagai garam & terang dunia.


Garam memiliki pelbagai fungsi, sangat multifungsi, sangat bermanfaat, sedangkan terang berfungsi menelanjangi kegelapan & menerangi kehidupan.


Kewajiban mjd garam & terang akan melahirkan kebanggaan fungsional, maksudnya adalah apakah hidup kita membawa berkat sebesar mungkin bagi sebanyak mungkin orang?


Jadi kebanggaan kita sebagai pengikut Kristus tidak terletak pada hal² yg "wah" secara lahiriah.


Di tengah situasi dunia yg semakin merosot dari segi moral & kebenaran, kita di tuntut berperan aktif u/ memberi rasa, memurnikan, & menerangi dunia yg gelap ini.


Sayangnya kita seringkali melupakan kewajiban kita, kita malah berfokus menuntut hak² kita u/ menikmati berkat² TUHAN belaka, menjadi kaya meninggalkan kemiskinan, kalo sakit pasti sembuh, sukses & menjadi kepala bukan ekor.


Rick Warren berkata,
"Jadilah orang percaya yg menjadi berkat bagi dunia & bukan orang percaya duniawi yg memandang Allah terutama untuk pemuasan diri."


Dlm Yohanes 17, Yesus berdoa,
"Bapa, mereka di dalam dunia tetapi bukan milik dunia, namun aku berdoa kepadaMu tidak meminta mengangkat mereka dari dunia, biar mereka dalam dunia tetapi bukan milik dunia, supaya mereka menerangi dunia."


Menjadi garam & terang berarti berani larut u/ menebarkan kasih, rela berada di kegelapan u/ menerangi & bukan mencari aman.


“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar