Rabu, 04 Mei 2011

KONTROL DIRI

Di Tiongkok pernah hidup seorang hakim yang sangat dihormati karena tegas & jujur. Suatu hari, 2 orang menghadap sang hakim. Mereka bertengkar hebat & nyaris beradu fisik. keduanya berdebat tentang hitungn 3x7.

Yg satu mengatakan 21,
yg lain bersikukuh 27.

Ternyata sang hakim memvonis cambuk 10x bagi orang yg menjawab 21.

Spontan si terhukum protes.
Sang hakim menjawab, : "Hukuman ini bukan hasil hitunganmu tetapi untuk kebodohanmu yg mau berdebat dengan orang bodoh !

MORAL : Jika sibuk memperdebatkan yg tidak berguna, berarti sama salahnya atau bahkan lebih salah daripada orang yg memulai perdebatan.Sebab dengan sadar kita membuang waktu & energi untuk hal yang tidak perlu.

Bukankah kita sering mengalaminya? Bisa terjadi dengan pasangan hidup, tetangga / kolega. Berdebat /bertengkar untuk hal 2x yg tidak ada gunanya, hanya akan sia-sia dan menguras energi percuma. Ada saatnya untuk kita diam untuk menghindari perdebatan atau pertengkaran yang sia-sia.

Diam bukan berarti kalah ?Memang bukan hal yang mudah, tapi janganlah sekali-kali berdebat dengan orang bodoh yang tidak menguasai permasalahan. Jangan berdebat dengan orang 2x yg sudut pandangnya bertolak belakang dengan kita.

"MERUPAKAN SUATU KEARIFAN BAGI ORANG YANG BISA KONTROL & HINDARI KEMARAHAN ATAS SUATU KEBODOHAN!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar