Mazmur 23
1. Memikirkan dan mengenali kebutuhan domba2 kita (keluarga)(ayat1)
*libatkan dirimu dalam kehidupan sehari2
*lihat dan dengarkan, bertanyalah dan perhatikanlah
2. Suasana Rumah Tangga yg aman dan damai (ayat 4)
*jgn biarkan masalah berkembang
*pastikan alur komunikasi lancar
3. Gada Teguran
*perlindungan :berdirilah di depan domba dan belalah mereka
*koreksi: jadikan disiplin sbg pembelajaran
*periksa: periksa kemajuan domba2 kita dan pujilah kemampuannya.
4. Tongkat arahan
*pastikan keluarga kita tau kemana kita mau membawanya. Keluarga seperti apa yg akan kita bentuk bersama.
*sampaikan cara2/aturan2 yg berlaku di keluarga kita
*arahkan mrk bukan dgn paksaan
*berikan kebebasan pada domba2 kita tapi pastikan mrk tau batasannya
A. Kasih tinggi, disiplin rendah ---) anak manja
Contoh: 1 raja 1:6 Daud dgn anaknya Adonia
Akibatnya Adonia memberontak pada Daud, tidak menghargai Daud sbg raja.
B. Kasih rendah, disiplin tinggi ---) anak pemberontak
C. Kasih rendah, disiplin rendah --) unwanted child, gampang putus asa, gampang menyerah, bermental lemah ---) RAPUH
D. Kasih tinggi, disiplin tinggi ---) anak unggul, bertanggung jawab, berani mengambil keputusan, bisa survive dlm situasi sulit.
Cara menghukum anak usia 1-5 taun berbeda dgn diatas 5 taun.
1-5 taun diperbolehkan memukul dlm batas kewajaran
Diatas 5 taun, hukuman berupa sanksi, contoh: diambil mainannya/barang kesukaannya, denda uang jajan dll, disertai PENJELASAN mengapa.
6. Hati gembala
*tunjukkan kemurahan dan kebajikan kita kepada keluarga
5 prinsip yg ortu ajarkan pd anaknya:
-citra diri : ortu yg membentuk setiap hari
-tanggung jawab: dari hal kecil
-membangun hub: respek sama org lain, contoh kita sendiri
-sikap positip
-mengenalkan pd Tuhan : contohkan ibadah yg benar
1. Memikirkan dan mengenali kebutuhan domba2 kita (keluarga)(ayat1)
*libatkan dirimu dalam kehidupan sehari2
*lihat dan dengarkan, bertanyalah dan perhatikanlah
2. Suasana Rumah Tangga yg aman dan damai (ayat 4)
*jgn biarkan masalah berkembang
*pastikan alur komunikasi lancar
3. Gada Teguran
*perlindungan :berdirilah di depan domba dan belalah mereka
*koreksi: jadikan disiplin sbg pembelajaran
*periksa: periksa kemajuan domba2 kita dan pujilah kemampuannya.
4. Tongkat arahan
*pastikan keluarga kita tau kemana kita mau membawanya. Keluarga seperti apa yg akan kita bentuk bersama.
*sampaikan cara2/aturan2 yg berlaku di keluarga kita
*arahkan mrk bukan dgn paksaan
*berikan kebebasan pada domba2 kita tapi pastikan mrk tau batasannya
A. Kasih tinggi, disiplin rendah ---) anak manja
Contoh: 1 raja 1:6 Daud dgn anaknya Adonia
Akibatnya Adonia memberontak pada Daud, tidak menghargai Daud sbg raja.
B. Kasih rendah, disiplin tinggi ---) anak pemberontak
C. Kasih rendah, disiplin rendah --) unwanted child, gampang putus asa, gampang menyerah, bermental lemah ---) RAPUH
D. Kasih tinggi, disiplin tinggi ---) anak unggul, bertanggung jawab, berani mengambil keputusan, bisa survive dlm situasi sulit.
Cara menghukum anak usia 1-5 taun berbeda dgn diatas 5 taun.
1-5 taun diperbolehkan memukul dlm batas kewajaran
Diatas 5 taun, hukuman berupa sanksi, contoh: diambil mainannya/barang kesukaannya, denda uang jajan dll, disertai PENJELASAN mengapa.
6. Hati gembala
*tunjukkan kemurahan dan kebajikan kita kepada keluarga
5 prinsip yg ortu ajarkan pd anaknya:
-citra diri : ortu yg membentuk setiap hari
-tanggung jawab: dari hal kecil
-membangun hub: respek sama org lain, contoh kita sendiri
-sikap positip
-mengenalkan pd Tuhan : contohkan ibadah yg benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar