Selasa, 28 Juni 2011

BERSYUKUR: IMELDA FRANSISCA

Imelda Fransisca, adalah Miss Indonesia tahun 2005. Menurut Imel,panggilan Imelda Fransisca sebagai Miss Indonesia adalah merupakan anugrah Tuhan. Saya sendiri tidak pernah membayangkan bisa meraih predikat tersebut. Jika melihat ke belakang, orang tidak akan pernah mengira bahwa suatu hari nanti saya akan menjadi Putri kecantikan. Masalahnya saya pernah mengalami obesitas, badan saya gemuk sehingga saya tumbuh menjadi anak yang minder.

Hal itu bermula dari tindak kekerasan yang dialami pada masa kecil sewaktu ia sekolah di Singapura. Kekerasan yang dilakukan oleh gurunya itu, membuat tubuhnya memar-memar dan berujung pada obesitas. Berat badannya sempat mencapai 78 kg. Pengalaman pahitnya itu dia tulis dalam bukunya yang berjudul “You Can Anything Be Make Change”  Buku ini mengajarkan bagaimana keluar dari masalah dan meraih sukses.

Imel membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai hasil sekarang ini. Bahkan Imel pernah memandang rendah dirinya. Keinginan untuk tampil lebih kurus selalu membayangi dirinya apalagi ia mulai tumbuh menjadi seorang gadis. Dan tentu sama dengan gadis lainnya, Imel pun ingin mempunyai tubuh yang langsing. Berbagai upaya ia lakukan termasuk mengubah pola makan, aku mulai diet membatasi makanan yang masuk keperut, aku langsung menolak dan menghindari makanan yang bisa menambah bobot tubuhku. Padahal di sisi lain aku sangat gemar makan gorengan dan kue-kue manis. Hal ini berlangsung hingga aku memasuki ke bangku kuliah. 

Selepas SMA Imel memutuskan untuk melanjutkan studi ke Amerika mengambil jurusan Phisikologi, di Ohaio State University. Dari salah satu mata kuliah yang diambil membuatnya sadar bahwa dirinya termasuk kategori penderita Anorexia. Seorang penderita Anorexia selalu merasa tidak puas dengan kondisi dirinya, demikian pula dengan Imelda Fransisca. Imel selalu merasa tubuhnya gemuk memang kenyataannya dia gemuk, tapi setelah menyadari hal itu, maka Imel mulai mencari bantuan dan mengikuti pragram konseling yang di sediakan di kampusnya.

Setelah mengikuti program tersebut mulai timbul rasa percaya pada dirinya sendiri. Ia belajar menerima dirinya dengan ucapan syukur. Banyak orang bertanya kenapa saya mau bicara jujur bahwa saya pernah menderita Anorexia? Imel berkata “Saya berharap banyak wanita belajar dari pengalaman ini menjadi bijaksana dengan cara mencintai dirinya sendiri, “Love Your Self’….Ini memang membuat hidup berjalan dengan lebih nyaman, kalau dulu diet dengan stress dan penuh beban, maka sekarang menjalaninya dengan rasa nyaman.

Dengan mengasihi, mencintai diri sendiri dan bersyukur, bukan berarti egois, tapi bersyukur dengan diri sendiri ini membuat hidup lebih sehat. Selama ini banyak wanita yang terjebak dalam slogan media tenyang type wanita ideal. Saya justru harus banyak mengucap syukur banyaknya berkat Tuhan untuk hidup saya, “kata Imelda Fransisca.

Ketika  hidup bahagia, dia menjalani hidupnya lebih nyaman,hidup tanpa beban, justru bisa mencapai berat ideal. Dia langsing dan akhirnya memenangkan Miss Indonesia tahun 2005. Karena itu mari kita menjadi bijaksana belajar dari prinsip hidup Imel bersyukur dengan diri sendiri. Orang yang bersyukur dengan dirinya sendiri akan hidup bahagia.Mari bersyukur dengan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar