Sabtu, 11 Juni 2011

All about health

Jangan Biarkan Nyeri Punggung Menyiksa

Nyeri punggung adalah masalah yang lumrah pada pria. Paling tidak 70 persen pria akan mengalaminya pada suatu saat dalam hidup mereka.

Nyeri punggung merupakan penyebab utama terbatasnya aktivitas di kalangan orang berusia kurang dari 45 dan alasan kedua terbesar (sesudah masuk angin dan flu) yang membuat orang pergi ke dokter, demikian informasi dari American Academy of Orthopaedic Surgeons. Gangguan ini juga termasuk lima besar yang menyebabkan orang menjalani rawat inap di rumah sakit dan termasuk tiga alasan utama orang harus dioperasi.
Kebanyakan pria mengalami nyeri punggung pertama antara usia 30 dan 45 tahun. Usia tersebut merupakan awal dimulainya nyeri punggung. Kurang lebih bersamaan dengan saat Anda pertama kali mempunyai uban. Usia tiga puluhan dan empat puluhan adalah usia ketika artritis dan penyakit-penyakit degeneratif lain pada sendi-sendi kecil punggung mulai menggerogoti pria.
Spinal stenosis, misalnya, penyempitan kanal dalam tulang belakang yang berisi saraf tulang belakang, menyebabkan saraf pada tulang belakang sebelah bawah tertekan dan membuat Anda merasa nyeri. Dalam kasus lain, yang menjadi sumber masalah adalah berubah bentuknya cakram antar-ruas.
Cakram antar-ruas adalah bantalan-bantalan kecil yang pinggiran luarnya terbuat dari bahan kuat tetapi elastis (disebut annulus) sedangkan bagian tengahnya lunak. Cakram ini berfungsi sebagai peredam getar di antara ruas-ruas tulang belakang. Lama kelamaan ada cakram yang menonjol dari posisinya karena annulus-nya koyak, dan ini menyebabkan bagian tengah menonjol ke luar menekan akar saraf, berakibat nyeri yang luar biasa. Sikap tubuh yang buruk juga meningkatkan peregangan pada punggung dan dapat memperparah artritis selain menyebabkan kerusakan pada cakram antar-ruas.
Tapi, sejauh ini penyebab nyeri punggung yang paling umum adalah peregangan otot. Dengan bertambahnya usia, banyak di antara kita kurang bergerak dan kurang berolahraga. Akibatnya, otot-otot pada perut dan punggung yang berfungsi mendukung tulang belakang menjadi lemah selain bentuknya tidak karuan.
Periksakan diri ke dokter bila nyeri yang Anda rasakan sangat mengganggu dan Anda sulit bergerak, bila nyeri itu menyebar sampai ke pantat atau kaki, bila kaki Anda seperti mati rasa atau senut-senut, bila Anda sulit mengendalikan buang air kecil atau air besar, atau bila Anda mengalami demam atau sakit perut.
Jaga kesehatan tulang punggung
Nyeri punggung sering dapat disembuhkan dengan mudah tanpa operasi atau obat-obatan. Sejatinya, 60 persen penderita nyeri punggung akut dapat bekerja kembali dalam waktu seminggu, dan 90 persen penderita dapat bekerja kembali setelah enam pekan. Berikut adalah petunjuk mencegah dan mengatasi nyeri punggung.
1. Lakukan peregangan setiap pagi.
Mulailah hari-hari dengan melakukan peregangan sewaktu masih berada di tempat tidur. Ingat bahwa Anda telah berbaring lemas selama delapan jam, maka jika Anda tiba-tiba bangkit berdiri, Anda dapat mengalami cedera punggung. Sebelum bangun, pelan-pelan regangkan lengan Anda ke atas kepala, kemudian tarik lutut Anda ke arah dada secara bergantian. Apabila Anda siap untuk duduk, bergulirlah ke sisi tempat tidur dan gunakan lengan Anda untuk membantu mengangkat tubuh Anda. Setelah berdiri letakkan tangan Anda pada pantat lalu pekan-pelan condongkan tubuh ke belakang untuk meregangkan tulang punggung.
2. Sempatkan diri berjalan-jalan.
Berjalan-jalan dapat menjaga kesehatan punggung dengan cara membuat seluruh tubuh tetap bugar. Kegiatan ini memperkuat otot-otot yang berfungsi membentuk pantat, kaki, punggung, dan perut. Berjalan-jalan yang agak cepat juga membantu tubuh mengeluarkan endorfin, hormon yang berfungsi meredakan nyeri. Berenang, bersepeda, dan berlari juga baik.
3. Istirahatkan punggung Anda.
Duduk memberikan tekanan lebih banyak pada punggung daripada berdiri: Apabila Anda harus duduk di meja Anda untuk waktu yang lama atau Anda harus menempuh perjalanan jauh dengan pesawat, kereta api, atau mobil, sering-seringlah mengubah posisi duduk dan memberi punggung Anda kesempatan beristirahat dengan berdiri dan berjalan-jalan kira-kira setiap satu jam sekali.
4. Berlutut, jangan membungkuk.
Hindari membungkuk setinggi pinggang ketika mengambil sesuatu. Itu menciptakan ketegangan pada punggung dan memperbesar risiko cedera. Sebagai ganti, gunakan alat pemegang yang panjang dan berlutut menggunakan bantalan atau pelindung lutut ketika Anda berkebun atau melakukan kegiatan-kegiatan dengan tinggi kurang dari selutut.
5. Gunakan kaki untuk bekerja.
Apabila Anda sedang mengangkat sesuatu-entah beratnya 3 kilogram atau 25 kilogram-berjongkoklah, usahakan agar punggung tetap tegak kemudian angkat beban itu menggunakan tenaga kaki. Taksir beban yang akan Anda angkat.
6. Condongkan punggung Anda ketika mengangkat beban berat.
Apabila Anda tidak menemukan seseorang untuk membantu mengangkat beban berat, cobalah cara berikut sebagai langkah terakhir: Apabila benda itu terletak setinggi meja, Condongkan tubuh Anda ke arah benda itu untuk menarik atau mengangkatnya. Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk mengangkat jendela geser. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung Anda karena Anda terpaksa menggunakan kaki sebagai penumpu.
7. Berdiri atau duduk tegak.
Mempertahankan sikap tubuh yang benar adalah cara terbaik untuk mencegah nyeri punggung. Untuk memperbaiki sikap tubuh Anda, cobalah yang berikut ini. Berdiri merapat pada dinding atau duduk di kursi makan, pastikan bawwa bahu dan pantat Anda menyentuh dinding atau sandaran kursi. Selipkan lengan Anda ke ruang antara punggung sebelah bawah dan dinding atau sandaran kursi. Apabila masih ada bagian di mana tangan Anda tidak bersentuhan baik dengan punggung maupun dinding atau sandaran kursi, angkat pinggul Anda sehingga ruang berlebih itu hilang. Pertahankan posisi itu sekitar 20 hitungan sambil memandang ke cermin untuk melihat sikap tubuh Anda sendiri. Pertahankan sikap tubuh seperti itu sampai petang. Kerjakan latihan ini setiap hari selama tiga pekan sampai sikap tubuh yang benar itu menjadi kebiasaan.
8. Periksa kasur Anda.
Kasur harus menyediakan dukungan yang benar, rata, dan tidak melendut. Jadi.O kalau Anda merasa seperti tidur di tengah roti yang tengahnya sudah dikeduk, berarti Anda memerlukan sebuah kasur baru, kata Dr. Sasso.
Sebuah kasur kehilangan sebagian besar daya dukungnya setelah dipakai cukup lama. Sebuah kasur kurang lebih sama dengan sepasang sepatu. Mula-mula pas dan enak dipakai, tetapi tidak berarti akan selamanya demikian.
9. Pasang bantalan untuk punggung bagian bawah.
Bantalan dari karet busa berbentuk bundar yang dapat dibeli di toko-toko perlengkapan medis dapat menolong Anda mempertahankan lengkung yang alami pada tulang punggung bagian bawah dan mencegah nyeri pada bagian itu. Setiap kali Anda duduk, pasang bantalan itu di antara kursi clan punggung bagian bawah Anda.
10. Pilih busana yang benar.
Mengenakan celana ketat dapat menghalangi Anda menggunakan biomekanik yang tepat seperti menekuk lutut, terutama ketika sedang mengangkat suatu benda, kata Dr. White. Cobalah mengenakan busana yang agak longgar selama sebulan.
11. Tinggalkan tembakau.
Merokok mengurangi aliran darah ke punggung dan dapat memperlemah cakram antarruas, kata Dr. Bensman. Jadi, apabila Anda merokok, berhentilah.
12. Dinginkan dengan es.
Tempelkan es ke bagian punggung yang sakit sesegera mungkin untuk meredakan nyeri dan pembengkakan, kata Dr. Bensman. Bungkus sebuah kantong es dengan sarung bantal atau handuk (jangan pernah menempelkan es secara langsung pada kulit Anda) kemudian tempelkan pada bagian yang terasa nyeri selama sepuluh menit setiap jam sampai rasa nyeri mereda.
13. Hangatkan.
Setelah pembengkakan berhasil Anda atasi dengan es-biasanya dalam waktu kira-kira 48 jam-Anda dapat mulai menggunakan panas. Panas meningkatkan aliran darah ke bagian yang cedera, menyantaikan jaringan dan dapat memudahkan Anda bergerak. Tempelkan kain penyeka yang hangat-dengan temperatur kurang lebih sama dengan temperatur kulit-pada punggung Anda selama 5 hingga 10 menit setiap jam, atau mandi air hangat baik di pancuran atau bak rendam berpusar (whirlpool).
14. Sediakan obat bebas pereda nyeri.
Menelan satu atau dua tablet aspirin atau ibuprofen setiap empat hingga enam jam dapat meredakan ranya nyeri dan mengurangi pembengkakan, kata Dr. Bensman. Namun jangan melebihi dosis yang dianjurkan oleh pabrik.
15. Angkat kaki Anda.
Apabila nyeri punggung yang menyerang Anda masih ringan, berbaringlah di lantai kemudian angkat kaki Anda ke atas kursi sedemikian sehingga paha Anda membentuk sudut 90 derajat dengan pinggul clan betis Anda terletak di atas kursi dengan sudut 90 derajat terhadap paha. Posisi ini menjadikan otot otot penting pada punggung Anda santai dan merupakan posisi yang paling tidak membebani tulang punggung Anda.
16. Terus bergerak.
Walaupun dahulu dokter pernah menganjurkan istirahat panjang di tempat tidur, sekarang mereka percaya bawwa pemulihan Anda justru semakin cepat bila Anda semakin aktif Sesungguhnya, istirahat di tempat tidur selama dua pekan melemahkan otot-otot dan tulang punggung Anda dan malah memperlambat kesembuhan, selain membuat Anda lebih mudah menderita sakit yang sama. Maka jangan berbaring di tempat tidur lebih dari dua hari, usahakan bangun sekurangnya satu jam sekali untuk berjalan-jalan atau melakukan peregangan.
17. Dimanipulasi.
Kiropraktor telah mendapatkan pengakuan oleh kalangan medis. Sebuah analisis atas 25 penelitian terhadap manipulasi tulang punggung-inti dalam terapi kiropraktik-menemukan bahwa manipulasi yang mereka lakukan bisa menghasilkan penyembuhan beberapa lama pada nyeri punggung akut yang tanpa komplikasi. Pada umumnya seorang kiropraktor berulang-ulang memijit bagian tulang punggung yang sakit menggunakan pangkal telapak tangannya. Mintalah kepada dokter untuk merujuk Anda ke kiropraktor terdekat di daerah Anda.
18. Dapatkan second opinion.
Menurut perhimpunan dokter bedah ortopedi Amerika, dalam setahun mereka telah melakukan lebih dari 400.000 pembedahan, misalnya spinal fusion dan disk removal atau disk destruction. Akan tetapi sebuah penelitian yang dilakukan oleh organisasi Blue Cross dan Blue Shield menemukan bahwa hampir 13 persen operasi tulang punggung dilakukan dengan alasan yang kurang tepat. Cari pendapat dari sekurangnya seorang dokter lain apabila, dokter yang memeriksa Anda menganjurkan tindakan pembedahan.


Mencegah Sakit Punggung Saat Hamil

Sakit punggung kerap dialami wanita yang sedang hamil. Beban janin yang dibawa setiap hari selama sekitar 9 bulan dan perubahan hormon dapat menyebabkan otot tegang dan sakit pada punggung. Mencegah merupakan langkah terbaik.

Caranya, perkuat otot inti dengan baik sebelum kehamilan. Belum terlambat untuk memulainya pada awal kehamilan. Olah raga ringan seperti step-aerobik, aqua-aerobik, jalan cepat dan latihan punggung sangat baik untuk menjaga otot inti tetap kuat dan siap menerima berat janin yang bertambah.

Kita semua tahu bahwa ibu kehilangan lebih banyak kalsium selama perkembangan janin. Meski begitu, kehilangan ini tak akan mengakibatkan osteoporosis. Keseimbangan yang dibutuhkan fetus akan meningkat. Akibatnya, penurunan jumlah kalsium sementara untuk sang ibu bakal dialami. Namun hal ini bukan satu-satunya alasan penyebab sakit punggung. Kalsium sangatlah penting untuk otot. Pada umumnya, kebanyakan ibu tidak mengalami kalsium rendah pada darah dan otot melemah. Karena itu, suplemen kalsium tidak diperuntukkan untuk mencegah sakit punggung. Namun lebih dibutuhkan untuk pertumbuhan janin.

Ketika sakit punggung terjadi selama kehamilan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Jika otot keseleo atau luka ligamental, umumnya olahraga singkat untuk mencegah peradangan akan mengurangi rasa sakit. Tetapi, pada cedera otot tertentu, hal ini dapat berlangsung terus-menerus. Jika sakit punggung terjadi terus selama lebih dari 1 bulan, Anda sebaiknya menemui spesialis di bidang sakit punggung. Jika tidak diatasi, ini bisa mengakibatkan sakit punggung kronis, yang akan menyulitkan proses pengobatan dan penyembuhan. Pada kondisi ini, mungkin memerlukan injeksi dengan anestesi atau steroids untuk menghilangkan masalah ini.

Fisioterapi dapat membantu meringankan sakit punggung non-spesifik, yang penyebabnya bukan tulang belakang (seperti Musculoskeletal). Selama fisioterapi, manipulasi otot untuk menonaktifkan otot bisa efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Pengobatan laser dengan intensitas rendah juga berguna bagi pasien yang hamil tua (rahim terlalu berat) dan tidak dapat tengkurap/telungkup.

Teknik yang dilakukan chiropractor sama dengan manipulasi otot. Mereka memijat dan “membunyikan” tulang belakang untuk merenggangkan sendi-sendi, sehingga ketegangan sendi dan otot bisa di kurangi. Latihan sendiri adalah bentuk perawatan yang lebih baik daripada melakukan manipulasi eksternal.
oleh Dr. Bernard Lee



Yoga Sederhana untuk Punggung Lelah

Jika Anda sering merasa punggung sakit atau pegal karena salah duduk atau terlalu lama duduk, atasi saja dengan gerakan yoga sederhana. Duduklah di lantai dengan kaki dilipat dan telapak kaki bersatu. Pada saat menarik napas, secara perlahan tarik lutut mendekat ke wajah.
Gerakan ini sangat mudah dan dapat dilakukan di depan teve. Kelebihan lain dari gerakan ini adalah dapat mencegah masalah kandung kemih seperti cystitis (infeksi kandung kemih) karena membantu menstimulasi ginjal untuk mengeluarkan bakteri yang tidak perlu dari dalam tubuh.


10 Pemicu Sakit Kepala

Sakit kepala sering tampak sederhana karena umumnya merupakan gejala penyakit ringan. Sekitar 70 persen sakit kepala memang disebabkan oleh ketegangan otot. Meski begitu, sakit kepala tak bisa disepelekan, apalagi kalau sampai mengganggu pekerjaan. Apa saja pemicu sakit kepala?

1. Bos
Ya, si bos atau pekerjaan kerap kali memicu rasa nyut nyut di kepala. Faktanya, semua hal yang menimbulkan ketegangan atau stres akan membuat kita lebih mudah terserang sakit kepala atau migren. Sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan emosional ini disebut sakit kepala fungsional atau tension headache.

Penderita sakit kepala ini sering merasakan otot-otot di bagian leher belakang kaku dan menegang. Pijatan ringan di bagian tersebut bisa mengurangi sakit kepala, namun setelah beberapa saat keluhan akan kembali muncul.

2. Udara panas
Kenaikan suhu udara seringkali menyebabkan timbulnya migren atau sakit kepala berat. Dalam sebuah studi diketahui 7,5 persen responden mengalami sakit kepala saat udara panas.

3. Aroma yang terlalu kuat
Pernahkah Anda merasa pusing gara-gara mencium aroma parfum? Aroma bau yang kuat, bahkan yang wangi, umumnya menyebabkan kepala pusing. Belum diketahui mengapa hal ini terjadi, namun para ahli menduga bau yang memiliki aroma kuat merangsang sistem saraf. Selain parfum, bau cat, bunga, atau debu, sering menyebabkan kepala berdenyut.

4. Aksesori rambut
Cara kita memperlakukan rambut bisa berpengaruh kepada kepala. Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat jaringan tisu di kepala menjadi tegang dan mengundang sakit kepala. Bando, jepit rambut, juga topi yang terlalu sempit akan menyebabkan efek yang sama.

5. Olahraga
Olahraga yang terlalu berat, termasuk juga hubungan seks, juga bisa menyebabkan sakit kepala. Kegiatan fisik yang berlebihan bisa membuat pembuluh darah di kepala dan leher bengkak dan tertekan. Sakit kepala yang disebabkan olahraga atau seks lebih mudah menyerang orang yang sering terkena migren.

6. Postur tubuh
Bukan hanya olahraga memeras keringat yang bisa menyebabkan tekanan pada otot leher dan kepala. Postur tubuh yang terbentuk dari kebiasaan sehari-hari pun bisa menimbulkan sakit kepala. Sebut saja kebiasaan duduk dengan posisi bahu membungkuk, duduk tanpa sandaran, menatap monitor komputer yang posisinya terlalu tinggi atau rendah, atau mengapit telepon antara kuping dan pundak. Bila akhir-akhir ini Anda sering diserang sakit kepala, saatnya memperbaiki postur tubuh Anda sehari-hari.

6. Keju
Pemicu sakit kepala sebelah, alias migren, yang paling sering adalah keju, termasuk cheddar, blue cheese, mozzarella dan parmesan. Penyebabnya adalah tyramine, yang terbentuk dari protein yang sudah dipecah, yang ada dalam keju. Makin panjang proses makanan atau minuman, makin banyak tyramine yang dikandungnya.

7. Red wine
Tyramine juga bisa kita temukan dalam red wine dan minuman keras. Alkohol yang terkadung dalam minuman itu akan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga kepala pun terasa pusing.

8. Melewatkan makan siang
Perut kosong gara-gara tak sempat makan siang pada sebagian orang kerap menyebabkan sakit kepala. Selain pusing, perut kosong juga membuat gula darah turun, akibatnya tubuh terasa lemas. Segeralah makan siang dengan gizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan manis, seperti cokelat untuk mengisi perut kosong. Gula dari makanan manis akan membuat gula darah melambung untuk kemudian turun lebih rendah lagi.

9. Rokok
Merokok termasuk dalam penyebab sakit kepala, bukan cuma terhadap orang yang merokok, tetapi juga perokok pasif di sekitarnya. Kandungan nikotin akan menyebabkan pembuluh darah ke otak menyempit, akibatnya aliran darah ke otak berkurang.

10. Kafein
Orang-orang yang sering sakit kepala biasanya bersahabat dengan kopi. Kafein memang bisa menjadi kawan sekaligus lawan. Faktanya, beberapa jenis obat sakit kepala mengandung kafein di dalamnya. Namun di lain pihak, kafein juga bisa menyebabkan sakit kepala


Bila Bra Terlalu Ketat


Sebuah penelitian yang dilakukan para doter dari Universitas Texas Southwestern Medical School di Dallas, menghasilkan beberapa temuan. Antara lain, pemakaian bra bertali tipis dan ketat bisa menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan dan kerusakan syaraf serius.

Bra yang ketat akan membuat saraf terjepit dan akibatnya si pemakai bisa diserang sakit kepala yang berkepanjangan, nyeri leher bahkan mati rasa. Rasa sakit ini juga bisa menyerang bahu dan lengan.

Pemakaian bra yang terlalu ketat berbahaya bagi wanita berdada besar. Disarankan, bra baju renang bertali dada atau bahu, jangan dikenakan berlama-lama. Sama bahayanya dengan bra ketat.

Cari saja bra yang bertali agak lebar dan tidak terlalu ketat membungkus payudara Anda. Selain lebih sehat, bra ini pun akan nyaman di tubuh. Celakanya, dari survei perusahaan pakaian dalam Playtex, 70 persen wanita ternyata lebih suka memilih bra bertali kecil dan ketat.



Suami Sehat, Keluarga Bahagia


Pria dan wanita memang berbeda. Perbedaan itu tidak cuma berlaku dalam peran biologis saja. Tetapi juga dalam menghadapi risiko penyakit. Ironisnya, kaum Adam sering kali menyembunyikan penyakit yang tengah ia derita. Ia juga sering menganggap enteng berbagai gejala yang dialami. Kenali kemungkinan penyakit dari ciri-ciri yang dikeluhkannya.

Sering buang air kecil belakangan ini
Terutama pada malam hari. Sering buang air kecil bisa menjadi tanda berbagai penyakit. Di antaranya adalah diabetes, batu ginjal, infeksi kandung kemih, dan pembengkakan prostat. Penyakit yang disebutkan terakhir kerap diderita oleh pria dewasa berusia di atas 40 tahun, demikian rilis berita Departemen Kesehatan RI.

Pembengkakan prostat biasanya disertai pancaran urin lemah, nyeri dan tidak tuntas ketika buang air kecil, serta sakit waktu ejakulasi, demikian menurut dr.Rajesh Kalwani, Sp.PD, dari RS.Pantai Indah Kapuk.

Faktor usia sering jadi pemicu pembesaran prostat. Risiko akan membesar pada pria yang
menjalani gaya hidup tidak sehat, seperti sering minum alkohol dan kafein. Untuk mengatasinya, ingatkan suami untuk menghindari faktor pemicu. Sebab pembesaran prostat adalah sesuatu yang alamiah. Sempatkan diri untuk mendampingi suami melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, setidaknya sebulan sekali. Sarankan suami agar rajin berolahraga. Olahraga dapat menguatkan otot panggul yang menyangga organ kandung kemih.

Merasa nyeri di persendian
Rasa pegal-pegal yang dialami, terutama di bagian persendian, tidak saja datang ketika ia usai bekerja berat tetapi juga saat malam hari ketika sedang relaks di kamar tidur. Ada yang menganggap nyeri dan pegal di persendian sebagai kelelahan biasa, tapi ada juga yang mengaitkannya dengan rematik. Padahal menurut dr. Rajesh, bisa jadi itu pertanda datangnya rematik. Penyakit ini banyak jenisnya. Salah satunya, rematik asam urat.

Rematik asam urat lebih sering menyerang pria dewasa dibanding wanita. Sebab, wanita memiliki hormon estrogen yang membantu membuang kelebihan asam urat melalui
air seni. Selain nyeri sendi, rematik asam urat ditandai dengan gejala kesemutan, bagian persendian terlihat membengkak dan bersemu merah.

PEMICU: Sering mengonsumsi makanan yang mengandung purin sangat tinggi. Misalnya, jeroan, santan, daging berlemak, udang, cumi, kepiting dan makanan yang diolah dengan minyak. Di dalam tubuh, purin teroksidasi menjadi asam urat. "Dalam kondisi normal, asam urat dikeluarkan oleh tubuh melalui air seni dan keringat. Namun pengeluaran asam urat bisa terganggu jika ginjal terganggu dan konsumsi makanan tinggi purin secara berlebihan," jelas dr. Rajesh.

Membatasi asupan bisa kita jadikan solusi. Cukup sekitar 100-150 mg per hari. Hampir semua bahan pangan sumber protein mengandung purin. Karena itu, perbanyaklah menu yang terbuat dari sayur. Penggunaan obat dokter dapat menggantikan diet ketat purin bagi yang sulit menghindari sumber protein. Jangan lupa, ingatkan suami untuk memeriksakan kadar asam uratnya secara berkala. Kadar asam urat normal yaitu 5-7 mg%. Batasan tertinggi untuk pria adalah 6,5 mg%.

Kerap sakit kepala dan sulit berkonsentrasi
Suami tiba-tiba mudah marah? Itu ada alasannya. Apalagi jika ia sering mengeluh sakit kepala. Kita mungkin menyangka dia sedang stres atau terkena gejala flu. Gangguan berkonsentrasi juga sering kita hubungkan dengan faktor usia yang bertambah. Padahal, mungkin saja dua gejala itu adalah sinyal tekanan darah tinggi.

Menurut Larry A. Weinrauch, MD, asisten profesor bidang medis Harvard Medical School, gejala darah tinggi sebenarnya tidak bisa dideskripsikan secara khusus karena sangat beragam. Terkadang tersamar dengan penyakit lain. Beberapa gejala lain yang mungkin menyertai tekanan darah tinggi adalah mual, jantung berdebar, sakit di bagian tengkuk, dan sering lelah.

PEMICU: Stres berkepanjangan. Stres membuat jantung memompa darah dengan lebih cepat. Selain stres, makanan berlemak, rokok, obesitas, kurang aktivitas fisik, dan konsumsi alkhol yang berlebihan juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

Stres bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat di rumah. Batasi pemakaian garam karena mengandung sodium yang dapat menaikkan tekanan dan volume darah. Asupan sodium kita tidak boleh lebih dari 1,5-2,5 gram per hari atau setara dengan 4-6 sendok teh.

Selalu kelaparan
Jangan senang dulu kalau akhir-akhir ini nafsu makan suami bertambah. Belum tentu itu karena kita semakin pandai memasak. Peningkatan nafsu makan bisa merupakan gejala berbagai penyakit seperti hipertiroid, stres, ketidakseimbangan hormon, atau diabetes.

Untuk kasus diabetes melitus, meningkatnya nafsu makan bukan satu-satunya gejala. Menurut dr.Rajesh, gejala lainnya antara lain sering haus, buang air kecil, gatal-gatal di daerah genital, dan mudah merasa lelah.

Pemicu: Kolesterol tinggi. Diabetes sendiri tidak bisa disembuhkan. Yang bisa kita lakukan adalah mengatur pola hidup yang baik. Misalnya dengan mengurangi penggunaan gula di rumah. Plus, dengan tidak menyediakan makanan berlemak. Jika suami sudah terlanjur menderita diabetes, dampingi dia saat perawatan.

Jadi susah tidur
Termasuk sering terbangun dengan mulut dan tenggorokan yang kering, atau mengalami sakit kepala saat bangun pagi. Yang juga ia alami tapi sering tidak disadari: Mendengkur. Ini bukan kebiasaan yang bisa dianggap enteng.

Menurut penelitian di Hungaria yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep, mendengkur dapat meningkatkan risiko serangan jantung pada orang yang mengalami kegemukan. Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Foundation for Medical Education Research menyebutkan bahwa mendengkur merupakan gejala berbagai penyakit.

Penyakit yang berhubungan dengan mendengkur adalah polip, alergi, kecanduan alkohol, obesitas dan sleep apnea (gangguan tidur berat yang ditandai dengan terhentinya napas). Hal ini terjadi berulang kali sepanjang tidur.

PEMICU: Posisi tidur yang salah. Menurut David Zieve, MD, MHA., direktur medis American Accreditation HealthCare Commission, gravitasi membuat saluran napas menyempit. Akibatnya adalah kesulitan bernapas. Faktor pemicu lain sleep apnea adalah jenis kelamin, obesitas, genetik, usia dan kecanduan alkohol.

Mengingat suami tidak pernah menyadari bahwa ia mendengkur, maka istri harus banyak berperan. Jangan bosan mengingatkannya untuk tidur dalam posisi miring. Atau bangunkan dia ketika Anda mendapatinya tidur mendengkur di malam hari. Lalu, minta dia mengubah posisi. Menurut Zieve, mengubah posisi tidur tidak banyak membantu jika suami obesitas. Dorong dia untuk berusaha menurunkan berat badan.


Ramuan Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama


Ramuan ditambahkan ke dalam minuman seperti milkshake.

Inilah impian para wanita yang sedang melakukan program diet: makanan yang membuat mereka merasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengatasi masalah obesitas. Impian ini tampaknya akan segera tercapai.
Para ilmuwan di Inggris telah mengembangkan adonan berbahan dasar minyak zaitun, yang jika ditambahkan ke milkshakes, akan mengurangi selera makan secara drastis. Adonan yang dikembangkan para peneliti di Institute of Food Research (IFR) di Norwich ini menggunakan minyak zaitun, air, dan stabilisator yang digunakan dalam industri roti. Stabilisator ini digunakan untuk memastikan agar beberapa adonan dapat mempertahankan kandungannya. Hasil tes menunjukkan, satu campuran makanan dengan adonan ini akan membuat responden yang menjalani tes merasa lebih kenyang selama 12 jam setelah makan.
Proyek tiga tahun ini mendapati bahwa emulsi dari minyak zaitun dan air -prinsip yang juga diterapkan pada salad dressing- dapat menjadi alternatif dalam memengaruhi reaksi mereka dalam lingkungan asam pada lambung. Para peneliti mengembangkan dua jenis emulsi, yang distabilisasikan dengan senyawa berbeda yang biasa digunakan dalam industri makanan, yaitu Tween 60 dan Span 80. Tween menjaga agar minyak dan air stabil di dalam perut, sedangkan Span memungkinkannya untuk memecah lapisan air dan lapisan minyak.
Adonan ini diberi rasa kopi, dan diberikan sebagai minuman ala milkshake kepada 11 relawan. Perut mereka di-scan setiap jam untuk melihat bagaimana bahan tersebut tetap tinggal. Setelah satu jam, volume di dalam perut menjadi dua kali lipat, dari yang mengonsumsi adonan yang dibuat dari Tween, dimana air dan minyak tidak dipisahkan. Hal ini dikarenakan ketika air memisah, air meninggalkan lambung lebih cepat. Namun air yang dicampur dengan minyak akan bertahan di sana lebih lama, membuat responden merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan makan.
Para ahli meyakini bahwa lebih dari setengah populasi dewasa di Inggris akan mengalami obesitas pada tahun 2050 jika mereka tidak mengubah pola makan atau lebih sering berolahraga. Kegagalan mengubah gaya hidup ini akan menyebabkan peningkatan jumlah penderita penyakit jantung, stroke, dan kanker. Namun Martin Wickham, dari IFR, mengatakan bahwa rata-rata suplemen diet yang berisi ramuan ini akan membutuhkan sekitar lima tahun untuk bisa masuk ke supermarket.
"Menjaga berat badan tidak bertambah itu penting, dan (ramuan) ini merupakan cara yang lebih dapat diterima daripada membatasi asupan makanan pada diet," jelasnya.
Tim IFR kini tengah merencanakan untuk menambahkan emulsi ini pada makanan olahan seperti burger, hot dog, dan kentang goreng, untuk melihat apakah ada pengaruh yang sama.




Tipe Ibu Seperti Apakah Anda?


Ketahui tipe kepribadian Anda untuk memperkaya diri menghadapi kehamilan dan kelahiran.

Menjadi seorang ibu merupakan masa-masa paling penuh tantangan dalam hidup seorang wanita. Suatu saat Anda merasa jadi orang paling bahagia sedunia, tetapi pada saat yang lain Anda merasa sangat sedih dan sendiri. Memiliki seorang bayi merupakan sebuah perubahan yang sangat besar dalam hidup seseorang yang secara alamiah memerlukan sebuah adaptasi dari Anda.

Sifat dasar seorang wanita biasanya memiliki sebuah pola dan sebuah refleksi diri bisa membantu kita menghadapi ekspektasi dan emosi untuk menghadapi kebahagiaan dan tantangan menjadi seorang ibu.

Mengenali siapa diri Anda dan memahami bagaimana cara alamiah Anda menghadapi masalah bisa membantu Anda menjalani emosi, memutuskan sebuah masalah, dan beradaptasi pada situasi baru sambil menikmati waktu bahagia dalam hidup Anda.

Umumnya, ada lima tipe kepribadian calon ibu, seperti dipaparkan www.femalefirst.co.uk, yakni

* Pencemas
Tipe ibu yang kecanduan dalam mencari informasi. Secara sadar-tak sadar selalu mencari informasi sebanyak-banyaknya. Selalu mencari nasihat dari teman, keluarga, banyak membaca majalah dan buku-buku kehamilan. Meski hal ini baik untuk memperkaya pengetahuan, namun terkadang bisa membuat Anda kelelahan dengan banyaknya informasi yang didapat. Tak jarang Anda malah bingung memutuskan sesuatu karena terlalu banyak informasi.

Jika Anda merasa menjadi ibu tipe yang seperti ini, penting untuk diingat, bahwa sangat alamiah untuk mencemaskan hal yang paling berharga dalam diri Anda -yakni bayi Anda. Untuk menghindari kebingungan, kurangi banyaknya sumber informasi. Hanya gunakan satu situs untuk mencari informasi, cukup temui satu dokter yang Anda nyaman untuk diajak berdiskusi, dan untuk mendapatkan informasi faktual bagi Anda dan si buah hati.

* Kompetitif
Seorang ibu yang kompetitif selalu ingin menjadi yang terdepan dari yang lainnya. Anda mungkin orang yang pertama kali hamil di antara teman-teman Anda. Karena itu, Anda pasti yang paling banyak membaca buku-buku pengetahuan seputar kehamilan. Biasanya, karena sifat alami Anda yang senang berkompetisi, Anda sering mengabaikan informasi dari orang lain karena merasa sudah paling tahu.

Tak jarang, Anda membagi informasi tanpa perlu ditanya. Sebenarnya pengetahuan Anda mungkin memang sudah cukup banyak, namun tak ada salahnya untuk mendengarkan orang lain sekali waktu. Yang terpenting adalah Anda mengetahui apa yang terbaik untuk Si Kecil, apa pun yang dilakukan orang lain.

* Profesional
Tipe semacam ini, tipe yang sangat teratur, rasional, pengikut sistem. Ibu profesional tak mau kompromi jika berkaitan dengan bayinya. Anda akan melahirkan di rumah sakit, dikelilingi peralatan medis, dokter, dan personel medis yang sangat profesional untuk mencegah komplikasi yang tak diduga. Anda akan mencoba mencari rasionalisasi mitos-mitos seputar kehamilan dan kelahiran, selalu berkonsultasi dengan dokter. Jika ini adalah tipe Anda, cobalah untuk bersantai sejenak.

Meski persiapan memang penting, biarkan bidan atau dokter Anda membimbing Anda setiap jalannya. Jangan terlalu tegang. Kebanyakan kebahagiaan dan pelajaran menjadi seorang ibu datang dari hal-hal yang datang mendadak, dan hal-hal seperti inilah yang akan Anda ingat ke belakang dan rasakan bahagianya. Dengan lebih bersantai, Anda akan menjadi lebih fleksibel menghadapi permasalahan menjadi seorang ibu. Anda kan lebih bisa menempatkan diri untuk menghadapi permasalahan yang datang sebagai seorang ibu.

* Naturalis
Tipe seperti ini ingin memberikan segala hal yang natural untuk bayinya. Sebagai seorang ibu yang naturalis, Anda akan mengelilingi diri dengan segala hal yang organik, makan makanan yang simpel, natural, dan penuh nutrisi sehat. Lebih memilih pengobatan alternatif ketimbang medis, dan Anda akan memilih penyembuhan di rumah. Anda akan lebih tenang jika si bayi berada di rumah sendiri.

Jika ini adalah tipe Anda, penting untuk diingat, agar Anda harus bisa menyeimbangkan kebutuhan bayi Anda dengan keadaan. Anda perlu tahu, apakah Anda bisa menangani pertumbuhan Si Kecil dengan bantuan alam sepenuhnya saja? Ataukah masih ada kesempatan Si Kecil untuk berkenalan dengan dunia medis? Untuk lebih bisa membuat keputusan yang terbaik bagi anak, sebaiknya Anda pintar-pintar memperkaya diri dengan pengetahuan di bidang medis dan alamiah.

* Tak khawatir
Tipe ini menghadapi hidup dengan santai dan tanpa beban. Anda merasa bahwa ibu, kakak perempuan, teman, dan wanita lain di dunia baik-baik saja menghadapi kehamilan dan kelahiran tanpa perlu banyak kerepotan. Jadi, pasti Anda pun akan baik-baik saja. Anda biasanya tenang saja menghadapi tantangan. Meski penting untuk menikmati menjadi seorang ibu, namun penting juga untuk memperkaya diri dengan informasi diri seputar masalah ibu, bagaimana saat menghadapi sakit, atau saat Anda sulit tidur pada malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar